Perbedaan “WILL” & “BE GOING TO” Super Lengkap Beserta Contoh Dan Arti

Posted on

Kalian semua tentunya sudah perdah mempelelajari materi bahasa inggris mengenai bahasan “The Present Future Tense” di beberapa kesempatan yang lalu. Mengulas sedikit bahwa “The Present Future Tense” selalu digunakan oleh seseorang unutk menyatakan sebuah kegiatana/kejadian yang akan dilakukan dimasa yang akan datang. Mungkin sebuah harapan, sebuah rencana ataupun sebuah pengandaian dimasa yang akan datang. Apa yang akan lakukan dipenghujung tahun depan? apakah kalian akan merayakan dengan keluarga besar? Apakah kalian akan mengunjungi tempat-tempat wisata? Atau apakah kalian hanya akan berada dirumah saja? tentunya kalian sudah mempunyai rencara tersendiri. Dalam bahasa inggris kita bisa mengungkapakan suatu harapan, keinginan ataupun suatu pengandaian dimasa yang akan datang dengan “WILL ataupun BE GOING TO”… kedua kata ini mempunyai fungsi yang sama dalam suatu kalimat, yaitu untuk menyatakan suatu kejadian yang akan dilakukan dimasa datang. Berikut ini akan menjelaskan perbedaan antara “WILL & BE GOING TO”

Will-vs-Going-To

WILL

“Will” dalam bahasa inggris mempunyai arti “kemauan, keinginan, ingin, akan”,, fungsi “will” juga masih sama seperti arti dasar. Namun untuk “Will” selalu digunakan dalam pola kalimat :

The Present Future Tense

Dalam pola kalimat ini kita akan menyatakan suatu kegiatan atau kejadian dimasa yang akan datang namun itu semua hanya sebatas keinginan yang belum dibarengi dengan suatu usaha yang keras. Seperti keiinginan untuk pergi jalan-jalan ke Lampung, tapi semua hanya sebatas keinginan karena (kemungkinan) si penutur belum memperhitungan kapanwaktunya, akan pergi bersama siapa, masalah biayanya dan masih banyak pertimbangan-pertimbangan yang lain. Persentase kemungkinan terjadi dimasa yang akan detang masih 50% .
Contohnya :

  1. Dewi will write the resume after all is fixed
    (Dewi akan menulis surat setelah semua beres)
    • contoh kalimat diatas hanya menyebutkan bahwa Dewi akan menulis surat, namun tidak diketahui kapan semua akan beres, dan kita tidak mengetahui apakah semua akan beres atau tidak
  2. Kaila will follow the contest next Monday
    (Kaila akan mengikuti perlombaan Senin besok)
    • contoh diatas hanya menyebutkan bahwa Kaila akan mengikuti perlombaan, namun tidak ketahui akan persiapan-persiapan yang akan dia lakukan unutk menghadapai perlombaan, dan tidak diketahui apakah Kaila akan mengikuti perlombaan atau tidak di esok hari karena hanya menyatakan keiinginan untuk mengikuti perlombaan.
  3. Leoni will take a rest for tomorrow
    (Leoni akan istirahat untuk besok)
    • contoh diatas hanya menyebutkan akan istirahat unutk besok, namun tidak diketahui (kemungkinan) apakah terjadi sesuai dengan rencana atau tidak karena kalimat diatas hanya sebatas keinginan.

BE GOING TO

Perbedaannya adalah apabila “be going to” untuk menyatakan suatu kegiatan/harapan/pengandaian dimasa yang akan datang dan semua diimbangi dengan usaha yang nyata, jadi kemungkinan 90 % kegiatan/harapan/pengandaian akan benar-benar terjadi di masa yang akan datang. Penggunaan “Be” akan menyusuaikan dengan subjek/pelakunya, “Tobe” yang digunakan adalah “is, am dan are”.
Contohnya :

  1. Miftahul is going to marry with Dwi next September next year.
    (Miftahul akan menikahi Dwi bulan September di tahun depan.)
    • contoh kalimat diatas akan terjadi di masa ynag akan datang, (kemungkinan) undangan telah dibuat, telah terjadi pertunangan dan kemungkinan lainnya.
  2. Cinta and Benny are going to go to Malaysia for holiday.
    (Cinta dan Benny akan pergi ke Malaysia unutk liburan)
    • Contoh kalimat diatas kemungkinan besar terjadi , (kemungkinan) telah selesainya masalah passport, visa ataupun kemungkinan lainnya.
  3. Ratna is going to move to the new home
    (Ratna akan pindah kerumah baru)
    • contoh diatas kemungkinan besar terjadi,(kemungkinan) rumah telah tahap finishing atau kemungkinan lainnya.

Demikian penjelasan tentang Perbedaan “WILL” & “BE GOING TO” Super Lengkap Beserta Contoh Dan Arti merupakan salah satu penjelasan terbaik yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris  atau sebagai sumber literatur dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel lainnya :